Kementerian Agama Gelar Apresiasi Pendidikan Islam 2013

Apresiasi Pendidikan Islam. 
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag menggelar Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2013. Gelar apresiasi itu sebagai bentuk penghargaan bagi kalangan individu, institusi, dan kelembagaan yang telah memberi kontribusi bagi kemajuan pendidikan Islam.

"Penyelenggaran even API 2013 ini merupakan salah satu upaya menjalin hubungan produktif Kemenag dengan memberi apresiasi kepada mereka yang telah berkontribusi memajukan pendidikan Islam di Tanah Air," kata Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kemenag,Kamaruddin Amin didampingi pentolan grup band D Massiv Rian Ekkipradipta di kantor Kemenag Jakarta, Rabu (11/12).

Menurut Kamarudin, sebanyak 90 persen pendidikan Islam di tanah air dikelola oleh swasta atau masyarakat sedangkan 10 persennya di kelola oleh Kemenag.

Menurut dia, dengan jumlah sekolah TK atau Raudatul Atfal sebanyak 20 ribu dengan satu juta anak,lalu 8 juta siswa Madrasah tingkat Ibtidaiyah,Tsanawiyah dan Aliyah, ditambah 469 Perguruan Tinggi Islam dengan 700 ribu mahasiswa serta tiga juta santri dari pondok pesantren maka secara kuantitatif telah memberi kontribusi bagi pendidikan bangsa.

"Karena sebagian besar 90 persen swasta dan 10 persen negeri kami patut apresiasi masyarakat sebagai komunitas yang brpartipasi mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi,"ungkapnya.

Pada puncak acara API 2013 yang akan diselenggarakan Jumat tanggal 13 Desember 2013 yang akan dibuka Menteri Agama, penghargaan API keenam tahun ini diberikan antara lain kepada pihak pemerintah daerah yang peduli pada pendidikan islam, dosen berprestasi, institusi atau lembaga pendidikan, dan lain lain.

Dalam acara tersebut Grup Band D'Massiv dengan vokalis Rian Ekkipradipta turut memeriahkan dengan lagu lagu bernuansa religius. Rian mengaku D'Massiv bangga dapat dilibatkan pada API 2013.

"Kami sangat mendukung acara ini semoga akan lahir mereka yang berbudi luhur dan mencerdaskan bangsa ini," kata Rian. [pikran-rakyat]